Pages

Jumat, 20 April 2012

Japan Embassy @ Indonesia (Februari – Maret 2012)

[Indeks]

1. Penyelenggaraan Japan Pop Culture Festival

2. Upacara Penandatanganan Kontrak Bantuan Hibah Grassroots untuk Keamanan Manusia 2012

3. Kerja Sama Trilateral dengan Pemerintah Indonesia bagi Bantuan Palestina

4. Kunjungan Kapal Perang Pasukan Bela Diri Jepang ke Jakarta
5. Acara Penyambutan Alumni Jepang
6. Acara Pelepasan Penerima Beasiswa Pemerintah Jepang
7. Mulainya Website Resmi Kantor Perdana Menteri "Prime Minister NODA's BLOG"
8. Pemberitahuan "Japan Foreign Policy Update"
9. Pemberitahuan Official Account "Facebook" dan "Twitter" milik Kementerian Luar Negeri Jepang
10. Kegiatan Budaya oleh Kedutaan Besar Jepang dan Perwakilan Pemerintah Jepang di Indonesia
11. Kegiatan Budaya oleh Pusat Kebudayaan Jepang ( Japan Foundation)


1. Penyelenggaraan Japan Pop Culture Festival
        Japan Pop Culture Festival telah diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25 dan 26 Februari.
        Joint Concert grup band dari Jepang AKB48 dengan sister grup Indonesia JKT48 diselenggarakan di Balai Kartini pada hari Sabtu tanggal 25 Februari dan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ibu Mari Elka Pangestu serta 3000 lebih pengunjung yang memadati tempat konser, penuh dengan suasana yang meriah.
        Keesokan harinya Minggu, 26 Februari diselenggarakan even "Perkenalan Budaya Jepang" yang meliputi hair make show Jepang, fashion show, cosplay show, pemutaran film animasi (NARUTO), pemutaran film konser (L'Arc & Ciel) workshop dan perkenalan budaya Jepang di Plaza Senayan. Tempat penyelenggaraan acara tampak penuh sesak dengan pengunjung sampai akhir acara.
        Selain itu, acara penyerahan penghargaan kepada pemenang penghargaan Lomba Manga Internasional ke-5 dari Indonesia pun diselenggarakan bersamaan dan piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Bapak Katori.

2. Upacara Penandatanganan Kontrak Bantuan Hibah Grassroots untuk Keamanan Manusia 2012
        Pemerintah Jepang telah memutuskan untuk memberikan bantuan untuk 7 proyek senilai 60 juta yen (sekitar 680,000 Dolar Amerika) melalui skema Bantuan Hibah Grassroots untuk Keamanan Manusia. Pada tanggal 21 Maret, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori dan ketua masing-masing lembaga penerima bantuan telah melakukan penandatanganan kontrak tiap-tiap proyek tersebut.
        Proyek-proyek ini telah terpilih dari banyak proposal yang masuk ke Kedutaan, mencakup berbagai wilayah dan bidang, dan merupakan bantuan yang dilaksanakan berdasarkan kebutuhan masyarakat Indonesia.
        Dengan ditandatanganinya bantuan kali ini, seluruh proyek Hibah Grassroots untuk Keamanan Manusia yang dilaksanakan di Indonesia pada tahun Heisei 23 terhitung berjumlah 107 juta yen (1,2 juta Dolar Amerika).

3. Kerja Sama Trilateral dengan Pemerintah Indonesia bagi Bantuan Palestina
        Dari tanggal 20 Februari sampai 2 Maret, telah diselenggarakan "Pelatihan produksi buah (post harvest, proses produksi barang pertanian) bagi petugas pemerintahan Palestina" di Indonesia dan acara penutupan pelatihan telah diselenggarakan di Kementerian Pertanian pada tanggal 2 Maret.

4. Kunjungan Kapal Perang Pasukan Bela Diri Jepang ke Jakarta
        Dari tanggal 28 Februari sampai 2 Maret, 3 kapal pengamal Pasukan Bela Diri Angkatan Laut Jepang bersandar di Tanjung Priok, Jakarta. Pada tanggal 28 telah diselenggarakan acara penyambutan oleh pemerintah Indonesia. Selama berada di Jakarta, para calon perwira angkatan laut melakukan berbagai kegiatan termasuk perziarahan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata dimana mereka juga menyumbangkan karangan bunga serta kunjungan ke Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Sesudah berangkat dari pelabuhan pada tanggal 2, mereka juga melaksanakan latihan gabungan dengan Angkatan Laut TNI untuk berlayar dalam formasi di teluk Jakarta.

5. Acara Penyambutan Alumni Jepang
        Pada tanggal 21 Februari, Kedutaan Besar Jepang telah menyelenggarakan acara penyambutan alumni Jepang yang baru kembali ke tanah air sejak bulan April 2011.
        Duta Besar Jepang untuk RI, Bapak Yoshinori Katori menyampaikan agar para alumni dapat bekerja keras dengan memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang didapat di Jepang, sebagai jembatan antara Indonesia dan Jepang. Selain itu, para alumni aktif bertukar pendapat dengan para pengurus dari organisasi alumni Jepang, seperti Perhimpunan Alumni dari Jepang (PERSADA) dan Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI).

6. Acara Pelepasan Penerima Beasiswa Pemerintah Jepang
        Pada tanggal 29 Maret, Kedutaan Besar Jepang telah menyelenggarakan acara pelepasan bagi penerima beasiswa pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang akan berangkat dari Indonesia pada awal bulan April. Kali ini, sebanyak 56 orang mahasiswa akan diberangkatkan ke Jepang sebagai penerima beasiswa yang direkomendasikan oleh Kedutaan Besar Jepang. Mereka teridiri dari empat kategori, antara lain, Program Research Students (27 orang), Program Undergraduate (7 orang), Program College of Technology (13 orang) dan Program Professional Training College (10 orang). Pada acara tersebut, Duta Besar Jepang untuk RI, Bapak Yoshinori Katori memberikan semangat kepada para mahasiswa agar belajar dengan rajin di Jepang. Sedangkan, para wakil dari penerima beasiswa juga menyampaikan tekad untuk belajar di Jepang.

7. Mulainya Website Resmi Kantor Perdana Menteri "Prime Minister NODA's BLOG"
        Situs web (weblog) Kantor Perdana Menteri yang bernama "Prime Minister NODA's BLOG" telah dibuka. Di situs web tersebut, ada berbagai informasi, antara lain Blog Perdana Menteri NODA, berita TV, penjelasan kebijakan dan lain-lain. Alamat website "NODA's BLOG" adalah sebagai berikut;

8. Pemberitahuan "Japan Foreign Policy Update"
        Kementerian Luar Negeri Jepang memulai halaman "Japan Foreign Policy Update" yang memuat informasi terkini, antara lain tentang pertemuan yang telah diselenggarakan, jadwal diplomasi, isu penting dll. pada website sebagai berikut. Informasi tersebut akan dimuat sekitar dua kali seminggu, maka dipersilahkan untuk memeriksanya sesering mungkin.
<Topik-topik yang dimuat pada bulan Februari t>

<Website Japan Foreign Policy Update>

9. Mulainya Official Account "Facebook" dan "Twitter" milik Kementerian Luar Negeri Jepang 
        Official Account "Facebook" dan "Twitter" milik Kementerian Luar Negeri Jepang telah dimulai. Keduanya dapat dilihat dari website berikut ini.

<Facebook>  Dapat dilihat dari website Kemlu. http://www.mofa.go.jp/index.html

10. Kegiatan Budaya oleh Kedutaan Besar Jepang dan Perwakilan Pemerintah Jepang di Indonesia
        Berikut ini adalah kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Jepang dan perwakilan pemerintah Jepang di Indonesia.
(1) Kedutaan Besar Jepang di Jakarta
Nama Acara : Office A/LB presents a Collaboration Project between Japan and  Indonesia
"To Belong"
(Pertunjukan Martinaz Media Dance melalui kreasi bersama koreografer Jepang ibu Akiko Kitamura dan sutradara Jepang Bapak Kei Nishikawa dengan pemusik Indonesia, Slamet Gundono dan penari Indonesia Martinaz Minotoro.)
Tanggal dan Waktu : Jumat, 27 April – Sabtu, 28 April
Tempat : Teater Salihara
Terbuka untuk Umum

Nama Acara : Sakura Matsuri (Penyelenggara : KAJI, Didukung oleh Kedutaan)
Tanggal dan Waktu : Sabtu, 28 April – Minggu, 29 April
Tempat : Citywalk Lippo Cikarang
Terbuka untuk Umum

 (2) Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya
Nama Acara : Acara pemutaran film Jepang
Tanggal dan Waktu : Sabtu, 31 Maret, pkl.12.00 –
Tempat : Radio JJFM Jalan Embong GayamNo,27-29
Terbuka untuk Umum (Gratis)

<Informasi dari Konjen Surabaya>
Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya memperkenalkan budaya Jepang melalui radio JJFM 105.10 "Around The World To Japan" pada hari Rabu minggu kedua setiap bulan.

(3) Kantor Konsuler Jepang di Makassar
Nama Acara : Doraemon Fest
Tanggal dan Waktu : Minggu, 1 April – Senin, 30 April
Tempat : Trans Studio
Tiket : Rp. 150.000

11. Kegiatan Budaya Pusat Kebudayaan Jepang (Japan Foundation)
        Kegiatan Budaya Japan Foundation selama bulan November 2011 dapat dilihat pada website berikut ini.

Link
Kementerian Luar Negeri Jepang

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia

Japan Foreign Policy Update

Japan Brief (Ringkasan berita utama terkini mengenai Jepang)

Ayo sekolah ke Jepang! Informasi terkait belajar ke Jepang, dapat dilihat disini.

Global 30

Web Japan

Japan Echo Web

Majalah "Gaiko"
(Site khusus majalah "Magastore")

Persada (Perhimpuan Almuni dari Jepang)

KAJI (Komunitas Almuni Jepang di Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar